Cara Menanam Tomat Di Pekarangan Rumah Ala SehatQ

Tanaman Tomat adalah tanaman buah karena strukturnya memiliki daging dan biji yang aman jika tertelan, meskipun sampai saat ini masih banyak yang beranggapan tomat itu sebagai jenis sayuran, karena banyak berfungsi sebagai penyedap rasa masakan.

Tomat sangat mudah tumbuh pada tanah yang subur dengan kelembaban yang cukup tinggi sehingga cara menanam tomat juga tergolong mudah, bisa tumbuh di pekarangan rumah baik itu di tanah langsung maupun menggunakan wadah seperti polybag, pot, kaleng bekas dan ember untuk memaksimalkan lahan rumah yang terbatas. Berikut ini tahap-demi tahap cara menanam tomat di perkarangan rumah:

  1. Wadah Media: Polybag atau pot cukup ideal digunakan untuk menanam tomat diperkarangan, silahkan pilih ukuran polybag yang cukup besar untuk menampung media tanam, pada umumnya menggunakan polybag ukuran 40 x 40 cm atau jika menggunakan pot bisa berdiameter 30 – 35 cm. Jika kita menggunakan ember atau kaleng bekas maka perlu dilubagi dulu bagian bawah dan samping agar bisa mengeluarkan air jika berlebih sekaligus sebagai sirkulasi udara.
  2. Media Tanam: Tanah subur bagian atas (top soil) : Pupuk Kandang : Arang Sekam dengan perbandingan 2:1:1.
  3. Benih Tomat: Memilih benih tomat juga bagian yang penting karena sangat menentukan pertumbuhan dan hasil dari buah tomat nantinya, pilihlah benih tomat yang unggul.
  4. Penyemaian: Benih tomat yang sudah ada di semai diatas media tanam dengan campuran tanah dan pupuk kandang, semaian haruslah terlindung dari cahaya matahari langsung dan air hujan, lakukan penyiraman setiap hari secara hati-hati agar benih tidak hanyut terbawa air.
  5. Penanaman: Benih tomat yang sudah disemai akan bisa dipindahkan ke polybag setelah berumur 1 bulan, mengangkat bibit tomat dari semaian haruslah hati-hati jangan sampai akar dari bibit tomat tidak putus, usahakan tanah yang menutupi akar juga ikut ditanam pada polybag.
  6. Perawatan: Polibag Pohon tomat ditempatkan pada area yang terkena sinar matahari, jika kita berada pada wilayah yang memiliki matahari terlalu panas sebaiknya menaruh paranet di bagian atas sebagai pelindung sinar matahari langsung. Tanaman tomat juga perlu di siram setiap hari jika tidak ada hujan. Pemupukan bisa dilakukan menggunakan pupuk organik cair setiap dua minggu sekali. Ketika pohon tomat mulai panjang, sebaiknya diberi penyangga agar tanaman tidak rubuh ke tanah, penyangga bisa menggunakan kayu, bambu ataupun pipa.
  7. Panen: Biasanya tomat sudah mulai berbuah pada usia 2 bulan dan panen pada usia 2,5 – 3 bulan atau sekitar 100 hari.

Demikianlah tahapan singkat cara menanam tomat di pekarangan rumah, dengan harapan bisa memanfaatkan lahan sempit menjadi lebih produktif dan juga menambah keasrian pekarangan rumah.

Selain sebagai penyedap masakan, tomat juga sudah banyak dibuat produk kemasan seperti Mie instan rasa tomat, manisan tomat dan lain sebagainya. Salah satu mie instan yang menggunakan bahan tomat adalah Mie Tomat Ladang Lima yang merupakan perpaduan tepung singkong, tomat dan sayur mayur lainnya yang kaya akan vitamin A, vitamin C, Folat dan potasium. Mie Tomat ini juga dibuat tanpa pengawet, tanpa pewarna buatan dan tanpa msg serta gluten free, sehingga sangat pantas disebut Mie sayur sehat.

Beberapa review Mie Tomat Ladang Lima ini menyebutkan bahwa cara memasaknya sangat mudah seperti mie instan biasa pada umumnya, yang sudah dilengkapi dengan bumbunya, karena ini mie goreng jadi tinggal di rebus, ditiriskan lalu dikasih bumbu. Rasa dari mie tomat ladang lima ini juga sangat enak dan tidak berasa kalau ada sayurnya, jadi ini bagus bagi anak-anak yang susah makan sayur sehingga anak menjadi suka makan mie sayur ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *