Kebahagiaan

Kebahagiaan biasanya terjadi ketika kenyataan yang terjadi sesuai dengan expektasi atau bahkan melebihi expektasi kita, Ekspektasi tentunya ingin selalu mendapatkan lebih baik dari apa yang telah kita miliki, sehingga kebahagiaan setiap orang juga menjadi berbeda2 sesuai dengan expektasi masing-masing. seperti halnya gaji yang paspasan ingin mendapatkan gaji yang lebih besar, ingin mendapatkan tempat tinggal yang lebih nyaman, ingin mendapatkan jabatan dan penghormatan yang lebih baik, kendaraan yang lebih bagus, pendidikan yang lebih tinggi, ingin sembuh dari penyakit menahun dan lain sebagainya. yang mana bisa expektasi tersebut tercapai maka ia menjadi bahagia.

Namun kenyataan nya dalam kehidupan ini jarang sekali expektasi kita terwujud, bisa kita flesbek lima tahun kebelakang seberapa persen rencana kita lima tahun lalu yang benar-benar terwujud hingga saat ini, hingga dalam kehidupan sehari-hari pun banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan kita, sadar ataupun tidak kita sering kali mengeluhkan apa yang terjadi di sekitar kita, seperti kemacetan, hujan Yg tiba2 turun hingga jemuran gak kering, ada banjir, ada org Yg tiba2 menyalip di tikungan, komentar pedas org di sosmed dan lain sebagainya, semua itu merupakan di luar dari harapan kita yang sering kali membuat kita tidak bahagia.

Sehingga pada intinya hampir semua hal yang terjadi di dunia ini tidak bisa kita kontrol, satu-satunya yang bisa kita kontrol sepenuhnya adalah sikap kita dalam menghadapi semua yang terjadi.

Disisi lain, kita juga harus menyadari bahwa semua yang terjadi merupakan kehendak Tuhan, Adapun jika realitas yang terjadi sesuai dengan apa yang kita harapkan itu merupakan sebuah kebetulan saja sesuai dengan skenario Tuhan.

Jika demikian cara termudah agar selalu bahagia, agar ekspektasi kita benar benar terjadi, yaitu dengan menyesuaikan keinginan kita dengan keinginan Tuhan, sehingga dengan begitu apa yang kita inginkan pasti akan terwujud karena merupakan keinginan Tuhan juga. 

Seni dalam menyesuaikan keinginan diri dengan keinginan Tuhan tidak terjadi dalam semalam, perlu latihan Dan upaya yang terus menerus.

Kita harus sering sering membaca pesan-pesan Tuhan di Alquran, Yang merupakan satu-satunya cara kita berkomunikasi dengan Tuhan secara Zahir. Bersahabat dan Mencontoh orang-orang yang di cintaiNya Yang mana lambatlaun kita akan semakin memahami cara berfikir Tuhan, sehingga kita akan juga berfikir Dan bertindak seperti yang diinginkan Tuhan.

Didalam Alquran sudah sangat jelas disampaikan bahwa setidaknya ada 6 cara agar hidup bahagia yaitu: 

  1. Menyakini bahwa dibalik kesulitan pasti ada kemudahan. 
  2. Mensyukuri atas nikmat yang sudah kita terima, ridha, sabar, dan tawakkal atas segala musibah.
  3. Rendah hati dan memaafkan. 
  4. Berprasangka baik dan menjahui buruk sangka. 
  5. Tidak marah-marah ketika menghadapi atau tertimpa sesuatu. 
  6. Sederhana dengan zuhud dan qona’ah.

Jadi kebahagiaan sama sekali tidak ada hubungannya dengan Uang, jabatan, popularitas, kebahagiaan berhubungan dengan cara pandang kita, sikap kita dalam menghadapi kenyataan, seberapa bersyukurkah kita dalam menerima kenyataan hidup ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *