Close

Rethinking Economics: Merenungkan Semula Teori-teori Ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan salah satu disiplin ilmu yang terus berkembang seiring dengan waktu. Dalam ilmu eksakta seperti sains, fisika, dan kedokteran, penelitian yang terus menerus serta penemuan-penemuan baru dapat memperbaharui disiplin ilmu tersebut. Demikian pula dengan ilmu sosial yang non-eksakta seperti ilmu ekonomi, perlu adanya pembaharuan terus menerus. Sejumlah teori lama yang pernah dianggap benar bisa jadi tidak lagi relevan seiring dengan perkembangan waktu.

Pengertian tentang hutang juga memerlukan pemikiran ulang. Sebagian besar ahli keuangan memandang hutang sebagai “meminjam uang dari diri kita di masa depan.” Namun, pandangan ini tidak relevan dengan konsep agama Islam. Agama mengingatkan kita bahwa kejadian tak terduga seperti kematian, kecelakaan, atau pencurian bisa terjadi kapan saja, sehingga membuat pemahaman tentang hutang seperti itu menjadi kurang tepat. Siklus hutang ini seringkali menciptakan kezaliman, mulai dari penghutang yang tidak tepat janji hingga pemberi pinjaman yang memberikan syarat yang cenderung mencekik.

Produktivitas merupakan hal yang paling berarti dalam jangka panjang, baik itu di tingkat manusia, kelompok, bisnis, maupun negara. Hutang bisa memberikan akses pada hal yang penting, seperti fasilitas umum dan aksesibilitas perdagangan yang lancar. Namun, hal ini hanya terjadi dalam “situasi ideal” di mana masyarakat memiliki produktivitas yang tinggi.

Dalam jangka pendek, negara tanpa hutang mungkin akan terhambat dalam pembangunan infrastruktur atau fasilitas umum. Namun, dalam jangka panjang, negara yang fokus pada produktivitas akan mampu meningkatkan perekonomiannya dan mengatasi masalah keuangannya tanpa harus tergantung pada hutang.

Kesimpulannya, pemahaman kita tentang hutang perlu direfleksikan ulang. Dalam prakteknya, hutang seringkali menciptakan kezaliman dan memberikan dampak negatif pada masyarakat yang tidak siap atau tidak memiliki produktivitas yang tinggi. Maka dari itu, fokus pada peningkatan produktivitas adalah hal yang paling berarti dalam jangka panjang, sehingga kita bisa mengatasi masalah keuangan tanpa harus tergantung pada hutang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a comment
scroll to top