Close

5 Jenis Obat Diabete Melitus Secara Medis

Diabetes melitus adalah suatu kondisi yang ditandai oleh peningkatan kadar gula darah yang kronis. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi atau menggunakan insulin secara efektif, sehingga menyebabkan peningkatan gula darah. Untuk mengobati diabetes melitus, terdapat beberapa jenis obat yang dapat digunakan, di antaranya:

  1. Metformin Metformin adalah jenis obat diabetes oral yang paling sering diresepkan. Obat ini bekerja dengan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan menurunkan produksi glukosa oleh hati. Metformin juga membantu mengontrol nafsu makan, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan pada penderita diabetes tipe 2.
  2. Insulin Penderita diabetes tipe 1 atau yang membutuhkan insulin tambahan biasanya diresepkan untuk menggunakan insulin. Insulin digunakan untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi yang mungkin terjadi akibat diabetes.
  3. Sulfonilurea Sulfonilurea adalah jenis obat diabetes oral yang membantu meningkatkan produksi insulin oleh pankreas. Obat ini biasanya diresepkan untuk penderita diabetes tipe 2 yang tidak dapat mengontrol kadar gula darah dengan pola makan dan olahraga saja.
  4. GLP-1 agonis GLP-1 agonis adalah jenis obat diabetes yang membantu meningkatkan produksi insulin oleh pankreas dan menurunkan produksi glukosa oleh hati. Obat ini juga membantu menekan nafsu makan dan dapat membantu menurunkan berat badan pada penderita diabetes tipe 2.
  5. DPP-4 inhibitor DPP-4 inhibitor adalah jenis obat diabetes yang membantu meningkatkan produksi insulin oleh pankreas dan menurunkan produksi glukosa oleh hati. Obat ini juga membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Selain menggunakan obat-obatan, penderita diabetes juga perlu menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi makanan yang rendah gula dan karbohidrat, serta rutin berolahraga. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a comment
scroll to top