Gejala Penyakit Anemia dan Cara Penanganannya

0 722

gejala anemiaAnemia atau kurang darah memiliki gejala yang dapat terlihat pada seorang penderitanya. Anemia ini dapat timbul karena stress dan biasanya karena ada faktor keturunan. Selain itu anemia juga dapat timbul karena faktor – faktor yang lainnya. Dengan mengetahui gejala penyakit anemia dan cara penanganannya, maka akan meminimalisir hal – hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai gejala dan cara penanganan penyakit anemia. Gejalanya dapat mudah dikenali dan penangannya tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Beberapa Gejala Penyakit Anemia dan Cara Penanganannya

Nah gejala – gejala dari anemia antara lain :

  • Penderita akan merasa cepat lelah. Hal ini karena penderita anemia memiliki jumlah sel darah merah yang rendah sehingga akan cepat merasakan lelah.
  • Gejala yang lain adalah terlihat pucat. Penderita anemia akan terlihat pucat dan wajahnya akan sedikit terlihat kekuningan.
  • Penderita anemia juga akan merasakan sakit kepala secara terus – Hal ini disebabkan karena kurangnya oksigen yang diakibatkan karena kurangnya sel darah merah. Gejala penyakit anemia dan cara penanganannya memang sangat penting untuk diketahui agar penderita tahu bagaimana cara untuk mengatisipasi dan mengatasinya.
  • Nah gejala yang lain dari anemia, penderita akan mengalami palpitasi. Palpitasi adalah keadaan dimana denyut jantung tidak teratur dan kecepatan denyut jantung yang terlalu kuat.
  • Penderita anemia juga akan merasakan mual – Gejala ini akan muncul saat penderita sedang bangun tidur. Gejala ini juga biasa disebut dengan morning sickness.
  • Gejala yang lain adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh. Penderita anemia akan mudah terserang penyakit dan mudah kelelahan.

Itulah beberapa gejala yang dialami penderita anemia. Sekarang lanjut ke cara penanganan penyakit anemia.

Cara penangannya sangat mudah dan tidak repot. Beberapa cara penanganannya, yaitu :

  • Penderita anemia hanya butuh memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah – Selain itu dapat pula dengan mengkonsumsi daging dan makanan laut.
  • Bisa juga dengan menggunakan daun bawang merah yang direbus bersama telur lalu tinggal memakannya dan paling tidak mengkonsumsinya sebanyak 2 kali dalam sehari.

Itulah gejala penyakit anemia dan cara penanganannya, semoga bisa mengenali dan menangani penyakit anemia dengan cepat dan tepat.

Category: KesehatanTags:
No Response

Leave a reply "Gejala Penyakit Anemia dan Cara Penanganannya"