Penyebab Penyakit Stroke dan Cara Mencegahnya

0 740

Penyebab Penyakit Stroke dan Cara MencegahnyaStroke merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan hingga saat ini. Penyebab penyakit stroke tersebut datangnya secara tiba-tiba atau mendadak di mana pembuluh yang ada di otak pecah atau tersumbat. Akibatnya, otak akan kekurangan oksigen maupun pasokan darah hingga otak mengalami kerusakan terlebih di bagian sel-sel saraf otak. Saat ini jumlah penderita stroke semakin meningkat dan hingga tahun 2012 lalu, jumlahnya mencapai 12500 orang yang ada di Indonesia. Stroke diperlukan penanganan yang tepat dan cepat agar penderita masih bisa diselamatkan dan diobati sesuai dengan tingkat keseriusan stroke tersebut.

Penyebab penyakit stroke tersebut ada dua faktor yakni resiko perilaku dan resiko medis.

  1. Resiko perilaku merupakan kurangnya aktivitas gerak atau kurangnya olah tubuh sehingga menyebabkan obesitas. Pemicunya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji maupun berlemak serta gaya hidup tak sehat.
  2. Resiko medis merupakan salah satu faktor yang dapat memperparah stroke seperti munculnya hipertensi dan gangguan jantung. Stroke juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan dalam keluarga maupun arteriosklerosis.

 

Gejala serangan stroke sangat mudah dikenal dan tentunya harus dipahami agar kita bisa memiliki kewaspadaan tinggi terhadap penyakit ini. Gejala umumnya seperti:

  • Rasa bebal atau kehilangan rasa di tangan maupun kaki atau pada bagian tubuh tertentu
  • Mendadak sulit berbicara
  • Merasa sangat pusing tanpa diketahui sebabnya
  • Terdapat pula tanda-tanda umum penyakit stroke lainnya seperti timbulnya rasa mual hingga muntah, serta
  • Badan terasa sangat panas

Penyakit stroke itu bisa dicegah untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. Cara mencegahnya seperti konsumsilah makanan yang sehat, mengurangi konsumsi garam agar tidak mengalami hipertensi, biasakan untuk tidak merokok, olahraga secara teratur agar tubuh tetap bugar, mengurangi konsumsi kopi maupun alkohol, dan selalu pantau berat badan Anda. Selain itu, carilah informasi mengenai penyakit stroke sebanyak mungkin untuk menghindari resiko penyakit stroke dan cara menghindarinya. Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar berbagai penyebab penyakit stroke bisa Anda hindari mulai dari sekarang.

Category: KesehatanTags:
No Response

Leave a reply "Penyebab Penyakit Stroke dan Cara Mencegahnya"