9 Langkah Cara Menambah Berat Badan

0 1845

Menambah Berat BadanOrang kurus mungkin menginginkan badan yang besar dan biasanya mereka mencari cara menambah berat badan, berbeda halnya dengan orang yang gemuk kepingin badan yang langsing. Tubuh kurus bisa saja karena kurang gizi atau karena sakit tertentu, namun bisa jadi karena malas makan. Berikut ini saya membagikan cara menambah berat badan yang mungkin Anda inginkan.

1. Konsumsi karbohidrat yang banyak.

Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, sayur-sayuran, buah-buahan, makanan yang bersumber dari gandum seperti sereal dan roti.

2. Perbanyak asupan makan

Dengan memperbanyak makan, maka akan memperbanyak pula asupan yang masuk dalam tubuh sehingga dapat membuat tubuh lebih berisi yang menambah berat badan. Misalnya dalam sehari anda hanya makan tiga kali dalam porsi kecil, maka sebaiknya tingkatkan empat hingga lima kali.

3. Tingkatkan kebutuhan protein

Konsumsilah protein yang banyak yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein yang sehat berasal dari daging, ayam, kacang – kacangan dan ikan.

4. Minum air putih

Perbanyaklah mengkonsumsi air putih. Mungkin sebagian orang menganggap sepele akan hal ini. Tapi tahukah anda apabila banyak mengonsumsi air dapat membuat tubuh anda semakin sehat dan memperbaiki pencernaan sehingga zat – zat makanan dapat diserap sempurna. Perbanyak konsumsi air putih khususnya pada pagi hari minimal delapan gelas sehari agar anda terhindar dari dehidrasi.

5. Jangan konsumsi kafein

Mungkin sebagian dari anda belum tahu apa hubungan kafein dengan berat badan. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat menghambat nafsu makan. Selain itu kandungan asam dalam kopi juga cukup tinggi sehingga dapat memicu asam lambung yang dapat mengakibatkan terjadinya resiko penyakit maag. Hal ini akan membuat anda kesulitan makan.

6. Perbanyak cemilan

Mempernyak waktu cemilan juga dapat meningkatkan berat badan anda, sebab cemilan dapat mencukupi kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

7. Rutin minum susu

Susu termasuk dalam kelompok makanan empat sehat lima sempurna. Walaupun anda sudah dewasa, rutinlah minum susu dua kali sehari. Hal ini dapat membuat anda semakin sehat dan tentunya menambah berat badan anda.

8. Hindari rokok

Bagi anda yang ingin menambah berat badan dan merupakan perokok aktif, ada baiknya anda menghindari rokok. Sebab selain dapat nafsu makan menjadi kurang, kebiasaan merokok juga dapat merusak fungsi dari organ – organ dalam tubuh anda. Disamping itu, kebiasaan merokok juga dapat mengganggu orang – orang yang ada di sekitar anda.

9. Jangan minum sebelum makan

Minum air putih sebelum makan biasanya dilakukan oleh orang yang sedang program diet. Untuk itu tidak disarankan bagi anda yang sedang program penggemukan. Sebab minum sebelum makan dapat membuat anda merasa kenyang sebelum makan, sehingga porsi makan anda makin berkurang.

Demikianlah 9 Langkah Cara Menambah Berat Badan, dimana jika Anda melakukan kesemua hal tersebut diatas besar kemungkinan berat badan Anda akan bertambah secara signifikan, namun jika hal tersebut tidak terjadi maka sebaiknya Anda konsultasi ke dokter karena bisa jadi ada hal yang tidak beres pada organ pencernaan Anda.

Category: KesehatanTags:
No Response

Leave a reply "9 Langkah Cara Menambah Berat Badan"