Ini 10 Cara Membuka Usaha Kecil-Kecilan

0 1267

Mencari rezeki berupa materi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Memenuhi kebutuhan hidup yang bersifat primer merupakan suatu kebutuhan yang memang mendasar dan lumrah diperlukan bagi setiap manusia. Kebutuhan primer tersebut adalah kebutuhan sandang, pangan dan papan yang sewajarnya yang bersifat tidak berlebihan. Namun, kadang karena tuntutan gaya hidup dan kehidupan sosial, kebutuhan primer manusia berkembang juga ke kebutuhan yang bersifat sekunder dan tersier. Kesemua kebutuhan tersebut pastinya membutuhkan uang yang digunakan untuk memenuhinya. Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya akan lebih mudah terpenuhi dengan menggunakan uang. Bercita-cita menjadi orang kaya memang wajar asalkan dilakukan dengan usaha baik, benar dan halal.

cara membuka usaha kecil

Siapa pun tidak ingin hidup sengsara, semua orang pasti ingin hidup berkecukupan baik secara lahir maupun batin. Kebutuhan lahiriah ini lah yang membawa manusia untuk berusaha dan bekerja lebih giat untuk mengejar materi atau nafkah. Apalagi bagi yang sudah berstatus berkeluarga, peran suami sebagai tulang punggung keluarga dalam mencari nafkah juga perlu dibantu oleh istri, agar kebutuhan dalam rumah tangga bisa lebih tercukupi, dan anak-anak yang ditanggung pun lebih sejahtera. Manusia memang terkadang menjadi makhluk yang tidak pernah puas terhadap apa yang dimiliki, sehingga kadang dia akan merasa kurang terhadap apa yang sudah ada di tangannya. Dalam mencari nafkah pun demikian, janganlah menjadi manusia yang yang tak pernah puas, yang selalu haus akan materi. Oleh karenanya, manusia hendaknya lebih bisa mensyukuri dengan semua yang telah ada. Bekerja dengan giat itu boleh saja asal tidak berlebihan dan tidak terlalu memforsir diri.

Usaha tambahan yang bisa dilakukan demi mendapatkan pendapatan sampingan perlu dipertimbangkan. Usaha sampingan ini dilakukan berbarengan dengan pekerjaan utama sehari-hari, dengan pembagian waktu sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu satu dengan lainnya. Memilih usaha sampingan yang tepat wajib dilakukan. Perlu dipertimbangkan jenis usaha yang dilakukan, modal yang akan digunakan, kebutuhan tenaga kerja dan lokasi usaha. Tiap orang pasti memiliki kemampuan yang berbeda dalam menjalankan usaha kecil yang ingin dilakukannya. Tiap usaha pasti membutuhkan keuletan dan ketelatenan dalam menjalankan dan mengembangkannya.

Ketika kita terpikir akan membuka usaha kecil-kecilan, seringkali dihadapkan dengan berbagai kebingungan ketika akan memulai usaha tersebut. Kebingungan dalam memilih jenis usaha yang akan dijalankan sering terjadi. Selain itu masalah modal, lokasi usaha juga menjadi momok awal ketika akan mengawali usaha. Intinya, berbagai alasan tersebut biasanya membuat kita menjadi tidak memiliki nyali untuk memulai berusaha. Ketika terpikir untuk mulai berusaha sampingan, harus ada kekuatan dan keyakinan terhadap usaha yang telah dipilih untuk dijalankan, serta perlu adanya keberanian dan optimisme untuk melakukan action agar supaya tidak cuma berpikir tanpa ada realisasi usaha.

Berikut ini beberapa tips dan cara membuka usaha kecil-kecilan:

  1. Memulai berusaha kecil dari sesuatu yang disukai

Melakukan sebuah pekerjaan harus dilandasi rasa suka terhadap sesuatu yang akan dilakukan. Termasuk jika kita akan memulai usaha kecil kita. Usaha kecil bisa terinspirasi dari hobi atau kegemaran. Dengan melakukan sesuatu yang disukai, usaha akan lebih menyenangkan dan kita tidak akan merasa buntu untuk mencari ide jika semisal ada masalah dengan usaha kecil yang dijalankan. Kita akan berjuang dalam melakukan apa yang kita sukai, termasuk usaha kecil yang dilakukan tersebut. contoh nya memasak. Jika memiliki hobi memasak, tidak ada salahnya memulai usaha dalam bidang pengolahan makanan. Tempat makan atau tempat yang menjual makanan memang banyak, oleh karenanya apa yang dijual harus memiliki kekhasan atau karakteristik yang tidak dijumpai di tempat lain. Pemilihan produk makanan yang aka dijual juga harus benar-benar dipertimbangkan.

  1. Mengenali kemampuan pribadi

Kemampuan atau skill tiap pribadi manusia pasti berbeda-beda. Kemampuan dan keahlian tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Jika kita bisa mengenali kemampuan diri maka kita bisa menggalinya secara maksimal, serta bisa dipraktekkan dengan usaha kecil yang dijalankan. Sebagai contoh dalam hal kemampuan menulis. Jika salah satu dari kita menyukai menulis, alangkah baiknya dikembangkan kemampuan menulisnya, dengan mengasahnya lewat pembuatan tulisan. Tulisan yang dibuat tersebut bisa ditawarkan untuk diterbitkan pada penerbit. Atau bisa juga dengan melamar sebagai penulis freelance, penulis konten website atau sejenisnya.

  1. Memulai usaha kecil dengan modal kecil

Melakukan usaha jangan sampai tertahan karena kurangnya modal. Kita bisa memaksimalkan penggunaan kemampuan atau hal yang ada di sekitar kita sebagai modal untuk melakukan usaha kecil. Namun jika ingin mendapatkan modal tambahan, alternatif yang bisa dilakukan adalah melalui kredit di bank, namun seyogyanya itu harus melalui pertimbangan. Tidak semua usaha kecil harus menggunakan modal banyak. Harusnya dengan modal yang kecil kita bisa berjuang untuk menambah aset yang bisa dijadikan modal berikutnya dalam mengembangkan usaha. Contohnya berjualan pulsa, bisa menggunakan deposit pulsa dengan nominal yang tidak terlalu besar (modal kecil).

  1. Mengenali lingkungan dengan baik

Mengenali lingkungan di sini maksudnya adalah bisa mengetahui kebutuhan masyarakat yang berada di sekitar kita, baik itu lingkungan rumah maupun lingkungan di luar. Kebutuhan masyarakat tersebut bisa dijadikan peluang usaha yang bisa dijalankan. Contoh kebutuhan tersebut adalah sembako, pulsa, baju, kosmetik, dan lain-lain. Selain itu juga diperlukan inovasi dalam melakukan usaha kecil menyesuaikan kebutuhan lingkungan yang ada. Contohnya berinovasi dalam memberikan servis delivery kepada konsumen.

  1. Berusaha kecil bisa diawali dari rumah

Melakukan usaha tidak perlu merepotkan masalah lokasi terlebih dahulu untuk memulainya. Kita bisa menjalankan usaha dari rumah, sehingga meminimalkan modal usaha. Tidak jarang usaha yang berawal secara rumahan bisa berkembang pesat, asalkan dilakukan degan fokus. Tempat usaha memang dperlukan, tapi buka menjadi hal yang utama. Contoh usaha kecil yang bisa dilakukan dari rumah adalah menerima pesanan kue.

  1. Mengatur waktu

Jika kita mempunyai pekerjaan utama selain melakukan usaha kecil, alangkah baiknya jika bisa mengatur waktu di antara keduanya. Dengan mengatur waktu dengan baik maka pekerjaan utama tidak akan terganggu, dan pastinya kita bisa mendapatkan pendapatan dari dua jalan yang berbeda. Meskipun demikian, usaha kecil tidak boleh dikesampingkan begitu saja. Semua usaha dan jalan harus dijalankan dengan baik.

  1. Fokus terhadap usaha yang dilakukan

Dalam melakukan suatu usaha haruslah dilakukan dengan fokus, bukan sekedar tren atau ikut-ikutan belaka. Jika kita fokus dengan apa yang dilakukan, maka hasilnya juga akan maksimal. Selain itu, tak ada usaha yang berjalan mulus-mulus saja. Jika ada fokus yang maksimal, masalah dalam usaha kecil akan segera ditemukan solusinya dengan cepat dan tepat.

  1. Ulet, optimis dan pantang menyerah

Mungkin benar ada pepatah yang mengatakan bahwa untuk memperoleh keberhasilan dan kesuksesan, kita harus mengalami kegagalan terlebih dahulu. Dalam menjalankan usaha kecil pun demikian, diperlukan sifat ulet agar jika ada masalah apapun mau berusaha mencari solusi pemecahannya. Begitupun sifat optimis dan pantang menyerah. Setiap orang yang berusaha harus senatiasa berpikir postif serta tidak mudah menyerah jika terjadi kegagalan pada usaha yang dilakukan. Dampaknya, orang tersebut bisa segera terlepas dari keterpurukan dan berupaya untuk melakukan perubahan.

  1. Membangun relasi

Dalam membangun usaha kecil juga diperlukan relasi atau hubungan dengan orang lain, baik itu relasi dengan konsumen, ataupun relasi dengan pemilik usaha lain. Membangun relasi ini akan semakin memperkokoh usaha kecil yang dijalankan. Membangun relasi yang baik sama halnya dengan kita melakukan promosi, karena jika kita mempunyai relasi yang baik, dengan sendirinya usaha kita akan semakin dikenal.

  1. Menggunakan promosi

Promosi bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan murah. Tidak harus terlalu “wah” yang penting promosi tersebut bisa tersampaikan maksudnya kepada konsumen. Promosi bisa dilakukan secara langsung face to face dengan konsumen, menggunakan media brosur, iklan di koran, dan lainnya. Memberikan tawaran promo juga termasuk ajang promosi.

Itu dia beberapa cara membuka usaha kecil kecilan mulai nol, semoga bermanfaat.

 

Category: Bisnis, TipsTags:
No Response

Leave a reply "Ini 10 Cara Membuka Usaha Kecil-Kecilan"