4 Jenis Usaha Rumahan Yang Lagi Trend di Tahun 2016

0 12477

Autada.com - Seperti banyak hal lain, usaha pun memiliki pasang surutnya. Kadang, sebuah usaha mengalami masa surut karena jenis usaha tersebut sudah tak lagi menjadi trend. Walau usaha yang berdasarkan trend seringnya hanya bersifat sementara saja namun sudah banyak buktinya bahwa usaha yang mengikuti trend membawa banyak sekali keuntungan. Perubahan trend dari tahun 2015 ke 2016 pun membawa perubahan di dunia bisnis dan usaha.

usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016

Di tahun 2016, beberapa bisnis sudah mulai menunjukan penurunan peminat karena bergantinya trend. Sedangkan beberapa jenis bisnis yang lain justru menunjukan peningkatan peminat yang cukup signifikan. Beberapa bisnis seperti usaha batu-batuan mulia seperti akik, semakin menunjukan penurunan pada tahun 2016 ini. Padahal jenis bisnis tersebut sempat menjadi sangat berkembang pada tahun 2015 lalu.

Perkembangan trend pada usaha rumahan memiliki banyak sekali faktor. Yang paling mendasar tentu berubahnya minat dari pembeli. Namun selain itu, beberapa usaha yang sifatnya trend pun seharusnya bisa bertahan lama asal dapat kreatif dalam mengembangkan usaha sesuai dengan trend yang berlaku kala itu.

Misalnya saja, usaha makanan ringan martabak manis yang sempat begitu terkenal di tahun 90-an, tahun ini pun kembali terkenal lagi. Salah satunya berkat kekreatifan para penjual yang "merombak" martabak manis menjadi lebih modern dengan menambahkan beberapa rasa seperti rasa green tea atau Red velvet. Tambahan berbagai jenis coklat pun menjadi salah satu cara untuk membuat usaha tersebut menjadi trend kembali.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa jenis usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016. Penasaran?

4 jenis usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016

  1. Berjualan produk-produk unik dan langka online

Di tahun 2016, semakin banyak orang yang lebih memilih untuk belanja online ketimbang harus pergi ke toko secara lansung. Kesibukan di kota besar pun membuat banyak orang yang akhirnya lebih memilih untuk berbelanjan melalui online. Yang dibeli melalui online pun semakin bervariasi. Bila pada tahuh-tahun lalu yang dibeli hanya sekedar pakaian, hingga peralatan elektronik, maka di tahun 2016 pun akan semakin bervariasi. Salah satunya yang paling tengah menarik, ialah barang-barang unik dan langka.

usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016

Barang-barang unik yang sulit didapatkan di toko langsung pun saat ini semakin banyak saja dijual melalui online. Kebanyakan yang dijualn adalah produk-produk inovatif dari Jepang dan Cina misalnya.  Peralatan-peralatan unik ini memang saat ini belum banyak dijual di toko-toko offline, inilah mengapa banyak konsumen yang memilih membeli produk tersebut secara online.

Keuntungan dari usaha ini adalah belum banyaknya pesaing. Untuk saat ini, hanya beberapa toko online saja yang menyediakan barang-barang unik inovatif ini.

Kekurangannya, sulitnya mencari distributor yang menyediakan barang-barang tersebut.

 

  1. Bisnis katering harian dengan menu spesial dan unik

Bila dulu, katering hanya untuk acara-acara tertentu saja, mislanya saja untuk acara pernikahan, kumpul keluarga atau acara-acara lain. Namun untuk saat, usaha katering bisa menjadi usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016. Namun bukan seperti katering-katering biasa, yang sedang banyak digemari malah katering-katering dengan menu harian.

Ya, lagi-lagi semakin sibuknya warga perkotaan membuat usaha katering harian semakin digemari saja. Katering yang menjadi menu harian baik itu untuk makan pagi, siang atau malam memang sangat memudahkan terutama untuk pekerja kantoran di perkotaan yang nayris selalu sibuk.

usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016

Namun selain usaha katering dengan menu "biasa" untuk makan pagi, siang dan malam, saat ini pun sudah semakin banyak usaha katering dengan menu khusus. Misalnya saja, usaha katering dengan menu khusus seperti menu untuk anak-anak, hingga katering dengan menu khusus untuk diet. Anda bisa melihat ide resep-resep masakan yang sangat banyak di internet untuk memulai bisnis kuliner.

Keuntungan : Usaha ini tengah memiliki banyak sekali peminat sehingga sepertinya tak akan sulit untuk mendapatkan pelanggan. Selain itu, cara pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial pun menjadikan usaha ini semakin mudah untuk dijalankan.

Kerugian : Memerlukan keahlian khusus memasak. Selain itu juga perlu kreatifitas agar pelanggan tak mudah bosan dengan menu yang ditawarkan.

  1. Berjualan Makanan dan Minuman unik melalui online

Di tahun 2016 ini memang yang paling akan umum dilakukan adalah berjualan online. Dan masih sama seperti tahun sebelumnya, usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016 pun masih dalam bidang kuliner. Hanya saja di tahun ini, usaha kuliner yang digemari justru yang memiliki keunikan. Entah itu karena kemasan yang unik, atau memang memiliki suatu rasa dan jenis baru yang unik.

Misalnya saja, beberapa waktu lalu masyarakat begitu menggemari jenis minuman yang dijulan dengan kemasan dot untuk bayi. Suatu hal yang sebenarnya biasa saja, namun karena dikemas dengan cara yang unik, maka banyak orang yang tertarik untuk membeli minuman tersebut.

Keuntungan : bila barang tersebut mampu menarik perhatian, maka tak perlu diragukan lagi keuntungan yang akan didapat

Kerugian : kemampuan untuk memasak serta kreativitas untuk menemukan sesuatu yang baru dan sama sekali unik.

  1. Layanan media berbasis online

Satu lagi usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016 adalah startup online. Usaha ini bisa jadi sebuah layanan media, misalnya saja website berita, review produk, review film hingga menyediakan sistem akuntansi dan banyak lain. Layanan service online ini memiliki banyak sekali kemungkinan yang bisa dipilih berdasar dari kemampuan dan minat yang dimiliki. Kantor berita online serta penyedia jasa seperti menonton film online hingga membaca komik maupun novel online pun bisa menjadi pilihan. Atau bahkan, menyediakan jasa jual beli online dalam sebuah website yang besar. Misalnya saja seperti yang saat ini sudah banyak beredar dan terbukti menunjukan kesuksesan yang tak bisa begitu saja diremehkan.

usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016

Saat ini, layanan dengan basis online memang lebih digemari terlebih dengan meningkatnya para pekerja lepas atau freelancer.

Layanan media dengan basis online memang untuk awal dapat dilakukan dari rumah, namun seiring perkembangan dan semakin meningkatnya pekerjaan Anda kelak bukan berarti pekerjaan ini akan membutuhkan ruang bekerja yang lebih luas.

Keuntungan : Banyaknya pilihan serta kemungkinan yang bisa dipilih berdasar dari keinginan atau kemampuan dari sang peminat.

Kerugian : banyak tantangan yang dihadapi bila ingin serius mendalami bidang pekerjaan ini.

Memilih usaha atau pekerjaan berdasar dari trend memang memiliki banyak sekali tantangan. Terlebih mengingat trend dapat mudah sekali berganti. Tak perlu menunggu hitungan tahun, bahkan dalam hitungan bulan saja, trend tersebut dapat dengan mudah berganti dengan trend baru. Namun seharusnya dengan semakin banyak tantangan yang diterima semakin menarik pula jenis pekerjaan ini.

Dari keempat usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016 diatas, mana yang paling menarik perhatian Anda?

Category: BisnisTags:
No Response

Leave a reply "4 Jenis Usaha Rumahan Yang Lagi Trend di Tahun 2016"