7 Cara Menghindarkan Laptop Dari Pencurian

0 1862

Daya tarik utama dari menggunakan sebuah laptop adalah kemudahan serta efisien dalam penggunaannya. Ini merupakan keuntungan sangat bagus yang dimiliki laptop, yaitu dapat menggantikan peran sebuah komputer dan menggunakannya di mana saja. Tetapi dengan hal tersebut juga timbul risiko pencurian yang lebih besar karena laptop sangat mudah untuk dibawa-bawa. Perangkat keamanan sebuah laptop sangat penting untuk mencegah laptop anda dari pencurian dan juga untuk mencegah data dari laptop tersebut diambil oleh orang dan disalah gunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

 

7 Cara Menghindarkan Laptop Dari Pencurian

Berikut adalah 7 tips untuk mencegah laptop anda dari orang tidak bertanggung jawab karena laptop anda dicuri oleh orang beserta penjelasan tentang perangkat keamanan laptop yang bisa memastikan laptop dan data anda dilindungi.

7 Cara Menghindarkan Laptop Dari Pencurian1. Jangan pernah meninggalkan laptop atau barang berharga apapun di mobil anda. Baru-baru ini telah terjadi peningkatan pencurian di dalam mobil dikarenakan sang pencuri melihat barang-barang berharga yang di depan mata. Oleh karena itu jika anda ingin meninggalkan laptop, sebaiknya letakkan laptop di bagasi.

2. Jangan gunakan tas laptop, mungkin memang modis dan nyaman ketika menggunakan sebuah tas untuk laptop. Namun hal tersebut membuat seseorang mengetahui bahwa anda membawa sebuah laptop. Coba untuk menggunakan tas lain atau koper sebagai gantinya.

3. Pastikan laptop selalu bersama anda. Jika anda memilih menggunakan tas laptop atau membawa laptop bersama anda, pastikan keadaan laptop selalu aman, jangan sampai anda lengah akan hal itu.

4. Cara untuk keamanan laptop yang lain adalah dengan menjaga kerahasiaan nomor akses atau password laptop milik anda. Menjaga sebuah password sama seperti anda menjaga kunci sebuah mobil. Tanpa password atau nomor akses, dapat dimungkinkan sang pencuri akan sulit untuk mengakses data data dari laptop anda bahkan mungkin tidak bisa.

5. Selalu perhatikan laptop langsung menggunakan mata anda. Ketika anda pergi melewati sistem keamanan bandara pastikan anda tidak kehilangan pandangan terhadap tas anda saat melalui scanner atau selalu pegang tas anda sampai orang di depan telah melewati detektor logam. Besar kemungkinan adanya tas yang mirip dengan tas yang anda gunakan.

6. Memberi label atau tanda khusus yang susah dihilangkan di laptop anda adalah langkah pengamanan yang efektif. Mungkin anda bisa membuat sebuah label yang memuat nama anda atau hal lain, dan pastikan juga label ini susah untuk dihilangkan. Dengan hal tersebut, maka potensi pencurian laptop menjadi berkurang dikarenakan pencuri perlu untuk menghapus tanda identifikasi. Dengan adanya label ini akan sangat mudah untuk mengenali laptop anda sehingga ketika anda menyerahkannya kepada polisi, akan lebih mudah untuk menemukan pelakunya.

7. Membeli perangkat keamanan laptop. Anda bisa membeli sebuah perangkat tambahan untuk keamanan laptop anda, misalnya sebuah kabel untuk mengikatkan laptop anda atau sensor.

Beberapa cara di atas dapat menghindarkan laptop anda dari tindak pencurian. Jika anda ingin mengamankan laptop anda dari pencuri maka beberapa tips di atas cocok untuk anda lakukan. Sekian tentang cara mengamankan laptop dari pencurian, semoga bermanfaat.

Category: TeknologiTags:
No Response

Leave a reply "7 Cara Menghindarkan Laptop Dari Pencurian"