Para “Aktor” Di Balik Pembuatan Sebuah Film

0 996

Para "Aktor" Di Balik Pembuatan Sebuah FilmSiapapun bisa menonton dan menikmati sebuah film, tapi tidak semua orang paham bagaimana cara membuat film. Nah, tahukah Anda siapa saja yang berperan dalam pembuatan sebuah film? Pertama, yang Anda butuhkan adalah naskah. Naskah yang baik memiliki alur cerita yang mampu membuat penonton terpikat sekaligus menjaga sisi dramatisnya. Dialognya tidak boleh terasa kaku, harus berbeda, cerdas dan terkadang juga lucu sesuai dengan genre film yang diinginkan. Pertumbuhan karakter para tokoh harus dibangun dengan rapi dan tidak membingungkan para penonton.

Berikutnya tentu saja anda membutuhkan seorang sutradara. Dalam pembuatan film, sutradara adalah orang terpenting, bertugas memimpin proses adapatasi cerita dari naskah ke dalam wujud visual. Ibaratnya pelatih di dunia olahraga, mereka harus mampu mengeluarkan kemampuan terbaik dari setiap kru dan actor yang terlibat. Jika sutradaranya tidak fokus atau tidak mampu mengarahkan dengan baik, maka keseluruhan cerita akan rusak, tak peduli betapapun bagusnya naskah yang digunakan. Beberapa sutradara ternama seperti James Cameron, Steven Spielberg, dan Christopher Nolan terkadang juga menulis sendiri naskah yang mereka filmkan.

Nah, meskipun anda bisa membuat film hanya dengan sutradara dan sejumlah aktor, jika film yang diinginkan adalah film yang benar-benar bagus, maka anda akan memerlukan lebih banyak staf lainnya. Salah satu aspek penting adalah sinematografi, yang memerlukan orang yang memahami lingkungan yang difilimkan dan representasional. Anda juga membutuhkan produser yang paham pentingnya kedisiplinan waktu. Semakin lama waktu pembuatan film, semakin banyak dana yang dihabiskan untuk kru dan perlengkapan set, sehingga sutradara dan produser harus memastikan proses pembuatan film berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

Satu hal lain yang juga penting bagi film berskala besar adalah soundtrack, lagu tema yang digunakan untuk mengiringi film tersebut. Anda tentu masih ingat lagunya Celine Dion yang berjudul “My Heart Will Go On” yang membuat para penonton berurai air mata menyaksikan kisah cinta Jack dan Rose di film Titanic. Soundtrack berperan penting merefleksikan kisah visual dalam alunan nada untuk menyentuh sisi emosonal para penonton. Salah satu komposer film yang paling terkenal adalah Hans Zimmer, yang tercatat sebagai penulis lagu untuk sejumlah film laris box office seperti The Lion King, Gladiator, dan Inception.

Category: Hiburan
No Response

Leave a reply "Para “Aktor” Di Balik Pembuatan Sebuah Film"