Karyawan Baru Dan Keengganan Untuk Bertanya

0 1051

Karyawan Baru Dan Keengganan Untuk BertanyaAda beberapa kesalahan yang paling umum dilakukan oleh para sarjana baru (fresh graduate) yang memasuki dunia kerja. Satu di antaranya yang paling sering terjadi adalah ketika menghadapi kebuntuan dalam mengerjakan sebuah tugas untuk pertama kalinya. Biasanya mereka telah melalui masa pelatihan selama 6 bulan atau kurang, sehingga belum cukup waktu untuk menguasai semua teknis pekerjaan sampai ke detail yang paling kecil. Masalahnya, sebagai karyawan baru Anda akan cenderung merasa malu atau enggan untuk bertanya pada rekan yang lebih senior.

Hal ini dikarenakan pada masa magang, para karyawan tetap cenderung mengabaikan pertanyaan Anda, membuat Anda merasa seperti "tidak dianggap". Ini tidak sepenuhnya tepat. Kemungkinan besar mereka tidak memberikan jawaban karena para karyawan tersebut sibuk dengan pekerjaan mereka sendiri, terikat tenggat waktu untuk menyelesaikan tugas perusahaan. Di sisi lain, sebagai karyawan magang, tugas yang Anda kerjakan notabene tidak banyak berefek terhadap kelangsungan hidup perusahaan.

Itulah sebabnya Anda seringkali hanya bisa berhubungan dengan bagian Human Resources (SDM) yang secara khusus memang ditugaskan menangani karyawan baru. Ketika status Anda berubah menjadi pekerja tetap (bukan magang), itu tidak akan terjadi lagi. Posisi dan tanggung jawab anda kini tela secara resmi diakui oleh perusahaan, setara dengan para karyawan lainnya.

Namun, bukan berarti Anda boleh bertanya semaunya tanpa aturan. Sebisa mungkin jangan pernah mengulang pertanyaan yang sama. Mengajukan pertanyaan tentang hal yang baru saja dijelaskan secara berulangkali akan membuat atasan menganggap Anda tidak serius, atau lebih parahnya: tidak paham sama sekali. Di dunia pekerja profesional, ruang untuk "ketidaktahuan" mungkin masih bisa dtoleransi, tapi sama sekali tidak ada ruang untuk "kebodohan" seperti hal tersebut.

Anda juga tidak boleh bertanya tanpa persiapan. Bertanya tanpa menguasai dasar masalah sama sekali sama dengan menyuruh si atasan untuk melakukan tugas Anda. Untuk apa perusahaan mempekerjakan seorang karyawan yang tidak bisa menyelesaikan tugasnya sendiri? Oleh karena itu, sebelum bertanya, usahakanlah untuk menguasai dasar-dasar pertama tentang problem yang dihadapi dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, misalnya jika Anda adalah seorang akuntan muda yang menangani pembukuan keuangan perusahaan, persiapkan bukti transaksi, print-out laporan bank, bukti transfer, dsb.

Category: Tips
No Response

Leave a reply "Karyawan Baru Dan Keengganan Untuk Bertanya"