Agen Super Dan Perannya Dalam Sepakbola Modern

0 1257

Agen Super Dan Perannya Dalam Sepakbola ModernPernahkah Anda mendengar nama Jorge Mendes? Jika jawabannya iya, maka bisa dibilang Anda termasuk kategori fan bola sejati. Nah, uniknya Mendes bukanlah seorang pemain terkenal. Bukan pula pelatih atau pemilik tim sepakbola. Mendes adalah seorang agen yang menangani sejumlah pemain dan pelatih ternama di dunia sepakbola seperti Jose Mourinho, Cristiano Ronaldo, James Rodriguez, dan Radamel Falcao.

Nah, mungkin ada di antara kalian yang masih bertanya-tanya, Apa sih agen sepakbola itu? Dulunya agen hanyalah istilah untuk orang yang membantu mempertemukan dua pihak dan mendapat komisi kecil atas bantuannya. Namun dalam beberapa tahun terakhir, peran agen telah berubah menjadi profesi resmi dengan tanggung jawab yang jauh lebih besar. Mereka layaknya juru bicara yang mengambil peran aktif menegosiasikan tiap klausul kontrak pemain yang diwakilinya. Sebuah transfer bisa saja batal hanya karena si agen merasa direndahkan oleh perwakilan klub, padahal si pemain sudah oke untuk pindah.

Fakta bahwa seorang sosok yang bukan merupakan pemain ataupun pelatih bias memegang begtu banyak kekuasaan menunjukkan betapa dunia sepakbola telah banyak berubah. Bukan hanya Mendes, sejumlah nama agen lain seperti Pini Zahavi yang sempat dianggap lebih terkenal dibandingkan sebagian besar pelatih di Liga Inggris atau Mino Raiola berulangkali muncul di media mewakili kliennya yang terdiri dari talenta muda seperti Mario Balotelli hingga bintang veteran Zlatan Ibrahimovic. Lumayan buat seorang sarjana hukum yang sempat bekerja sebagai tukang antar pizza.

Tak bias dipungkiri kehadiran para agen ini juga merupakan hasil dari fenomena para miliarder yang berbondong-bondong membeli tim sepakbola Eropa, terutama para miliarder Rusia dan Timur Tengah. Para pemilik baru ini memiliki banyak uang namun tidak disukai fans karena tidak memiliki ikatan apapun dengan klub yang dibelinya. Untuk menyenangkan para fans, mereka pun menginginkan para pemain terbaik dari seantero dunia. Tebak, siapa yang mereka hubungi untuk menyelesaikan urusan ini? Agen!

Tentu saja masih ada pemain yang menolak keterlibatan pihak ketiga. Di satu sisi, rasanya tidak logis membayarkan sejumlah besar uang kepada pihak yang kerjaannya hanya memainkan negosiasi layaknya sang politisi. Di sisi lain, keberadaan para agen memperluas kemungkinan klub mendapatkan pemain yang diinginkan dan mempercepat tercapainya persetujuan transfer. Apapun jawaban yang benar, faktanya adalah dunia sepakbola modern tak bisa lagi dipisahkan dari sosok super agen seperti Mendes, Raiola atau Zahavi.

Category: Hiburan, Kisah Sukses
No Response

Leave a reply "Agen Super Dan Perannya Dalam Sepakbola Modern"