Mengubah TV Analog Menjadi TV Digital

0 52122

TV Analog merupakan tv dengan antena yang pada umumnya digunakan oleh masyarakat indonesia untuk mendapatkan siaran TV lokal seperti RCTI, Metro TV, TVRI, MNCTV, Indosiar dan TV lokal lainnya, namun banyak juga yang sudah menggunakan TV Digital baik berupa Parabola yang besar maupun TV Berbayar (TV Satelite dan TV Cable). Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

TV Analog merupakan yang paling murah karena hanya perlu membeli antena yg kecil dan tiang yang panjang agar mendapatkan signal saluran TV, Anda tidak perlu memikirkan biaya bulanan dari TV analog ini, namun tentu kualitas gambarnya tidak sebagus TV digital, biasanya akan ada bintik-bintik semut yang terlihat dilayar, apalagi kalau musim hujan akan terlihat sekali siaran terganggu.

Sementara TV Digital sedikit lebih mahal karena harus membeli perangkat khusus yang mahal atau biaya bulanan yang tidak murah, namun kualitas gambar sangat bagus dan bisa mendukung High Definition (HD) TV, dan bisa menjangkau siaran-siaran luar negeri.

 

tv analog jadi tv digital

Saya sendiri lebih suka dengan TV Digital meskipun harganya mahal, namun belakangan saya tidak lagi berlangganan TV berbayar karena siaran yang ditayangkan banyak tidak sesuai dengan pendidikan anak, seperti film kartun yang ber genre dewasa seharusnya hanya boleh di tonton oleh orang dewasa namun karena bentuknya film kartun maka anak-anak suka menononnya, akhakirnya akan mengakibatkan kerusakan mental dan attitude Anak. Oleh karena itu saya kembali ke TV Analog yang hanya bisa mengakses TV Lokal yang tentunya lebih terkontrol oleh pengawas hak tayang.

Agar kualitas TV Analog bisa seperti TV Digital saya mencoba mencari solusinya yang akhirnya menemukan sebuah alat yang cukup murah yang bisa Anda beli di toko elektronik atau di toko online yang bisa mengubah TV Analog menjadi TV Digital.

Secara tidak sengaja saya menemukan sebuah alat yang bernama Xtreamer DVB T2 Bien digital terrestrial receiver, yang bisa mengubah antena TV analog menjadi TV digital, dengan harga promo hanya 259 ribu, setelah sy coba ternyata benar-benar luar biasa, hasilnya memang sangat menakjubkan, berikut gambar perbedaan tv analog dengan tv digital:

tv analog

tv analog

tv digital

tv digital

Perbedaan antara TV Analog dengan TV digital di lokasi saya sangat luar bisa, dimana TV digital memilikai kualitas HD, sementara jika tidak pakai Xtreamer DVB T2 kualitasnya sangat buruk yaitu memiliki bintik-bintik semut dilayar TV.

Cara pemasangan Xtreamer DVB T2 juga sangat mudah, cukup menghubungkan kabel yang menghubungkan Boster Anterna ke TV menjadi Boster Antena ke Xtreamer DVB T2 lalu hubungkan melalui kabel tiga warna TV input RCA ke Televisi. Setelah terhubung Anda akan diminta otomatis menari saluran, jika berhasil Anda akan menemukan siaran yang tersedia dengan kualitas HD digital.

Demikianlah Cara Mengubah TV Analog Menjadi TV Digital, semoga bermanfaat.

Category: TeknologiTags:
No Response

Leave a reply "Mengubah TV Analog Menjadi TV Digital"